Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Foto dari Anggota LPM Lentera, Denny Hermawan

Lentera Uniska, Banjarmasin – Kurma adalah tanaman palma yang buahnya dapat dimakan. Tempat asalnya masih belum diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan. Kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia.

Kurma menjadi makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara, yang mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat, protein, kalium, magnesium, mangan, zat besi, vitamin B6, dan karbohidrat sebanyak 70 persen.

Sesuai dengan wahyu Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT) dalam Al Quran surah An-Nahl ayat 114.

“Makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu,”

Kemudian dijelaskan oleh Agus Rahmadi dalam bukunya, Hikmah Puasa Perspektif Hadits dan Medis, bahwa salah satu makanan baik sesuai surah tersebut adalah kurma dan air putih. Hal itupun langsung dicontohkan oleh Nabi Muhammad Salllallahu alaihi wassalam (SAW).

“Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya meminum air seteguk demi seteguk,” Dari Anas bin Malik, pelayan setia Nabi.

Nah, lantas apasih manfaat kurma? Sampai-sampai Rasullah mencontohkan dan merekomendasikannya untuk mengawali berbuka puasa maupun sahur.

1.Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kurma sangat cocok untuk pencernaan karena didalamnya mengandung serat yang penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan memperlancar buang air besar.

Ilustrasi sakit perut (pixabay.com)

2.Meningkatkan Kesehatan Otak
Seiring bertambahnya umur daya ingat mulai berkurang disebabkan oleh kebiasaan yang buruk seperti kurang tidur. Mengkonsumsi kurma dapat mengurangi inflamasi serta mengurangi penyakit otak seperti Alzheimer.

meningkatkan daya otak (shutterstock)

3.Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas merupakan sebutan untuk sel-sel rusak yang memudahkan terkena penyakit. Mengkonsumsi kurma dengan rutin dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh guys, karena mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dapat mencegah stres bahkan berbagai resiko penyakit lainnya.

menangkal radikal bebas (rosacea)

4.Meningkatkan Kesehatan Tulang
Seperti yang sudah disebutkan diatas, kurma mengandung zat gizi seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

kesehatan tulang (pomgen.gov.pg)

5.Membantu Menaikkan Gula Darah dan Mencukupi Kebutuhan Cairan
Kalian pasti pernah mendengar yang namanya penyakit diabetes, sebagian besar penyakit ini di iringi dengan terjadinya penurunan kadar gula darah secara drastis. Dibulan ramadan tentunya kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Nah, kurma dapat menaikkan gula darah yang turun karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu, kurma juga mengandung banyak air untuk mengembalikan cairan yang hilang seharian.

meningkatkan gula darah (Shutterstock)

Sangat banyak bukan manfaat yang didapat jika mengkonsumsi kurma secara rutin karena bisa menjaga kesehatan tubuh kita. (Nad/Rpy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.