Lebaran Dekat Puasa Semakin Berat, Ikuti Tips Berikut Ini Agar Tetap Kuat

Foto dari Umar Ben (http://unsplash.com)

Lentera Uniska, Banjarmasin – Sudah lebih dari setengah bulan kita berpuasa, tentunya rasa lelah mungkin mulai terasa. Apalagi sudah menjelang lebaran, banyak makanan yang menggoda sudah disiapkan. Untuk menahan godaan tersebut, ada lima tips yang bisa sobat Lentera coba.

Pada saat awal menjalankan ibadah puasa, mungkin tubuh menyesuaikan untuk tidak makan minum. Namun semakin mendekati akhir bulan ramadan bukannya terbiasa malah sebaliknya bukan? Rasa haus dan lapar tidak tertahankan. Biar tetap kuat, yuk ikuti tips berikut ini.

1.Tekadkan Niat


Niat merupakan langkah awal setiap kamu akan melakukan sesuatu. Saat kamu ingin memecah puasa sebelum waktu berbuka, coba diingat lagi niatnya, untuk apa kamu berpuasa? Biar tetap terjaga puasanya.

2.Konsumsi Air Putih yang Cukup


Agar menghindari dehidrasi pastikan untuk mengkonsumsi air putih. Bisa gunakan pola 2-4-2. 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat setelah sholat tarawih dan 2 gelas saat sahur.

3.Cari Kesibukan


Berdiam diri hanya agar membuatmu mengingat lapar dan haus. Alangkah baiknya coba menyibukkan diri agar membuat kita lupa kalo sedang berpuasa. Misalnya membersihkan rumah, membaca buku, berolahraga, bekerja, menonton, bermain, membuat sesuatu kerajinan dan masih banyak lagi.

4.Kurangi Konsumsi Kafein


Kafein terdapat pada kopi, teh, dan minuman bersoda apalagi disajikan saat dingin. Jenis minuman ini bisa membuatmu dehidrasi berlebih.

5.Konsumsi Suplemen


Tips tetap kuat saat berpuasa berikutnya, yaitu mengkonsumsi suplemen, seperti vitamin dan lainnya. Ini berguna bagi tubuh lantaran berpuasa memungkinkan seseorang kehilangan nutrisi penting.

Cukup lakukan tips kuat berpuasa diatas dan kalian akan kuat beraktivitas seharian tanpa merasa lelah. Semoga bermanfaat!. (Ybe/Cal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.