6 Dampak Positif Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh Kita

Lentera Uniska, Banjarmasin – Puasa, selain menjadi ibadah umat muslim. Tetapi juga dapat menjadi obat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga bisa untuk program diet.

Banyak hasil penelitian yang sudah terbukti. Dilansir dari laman Healthline, berikut manfaat dari puasa yang bisa kita rasakan.

1.Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan Daya Ingat (Pixabay)


Menurut sebuah penelitian Nutrition Research, puasa bisa mengurangi peradangan otak dan dapat meningkatkan kesehatan otak serta kesejahteraan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, hingga obsesif kompulsif (OCD).

2.Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan (istock)


Karena seharian menunda makan dan minum, berat badan kita juga bisa terkontrol dengan baik. Manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka seperti sayur dan buah.

3.Bantu Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi (Pixabay)


Saat berpuasa, tubuh akan memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi. Lemak tersebut membakar racun dalam tubuh secara bersamaan. Hasilnya, tubuh akan lebih bersih dan sehat karena kadar racun yang telah berkurang.

4.Mengurangi Kebiasaan Buruk

Mengurangi Kebiasaan Buruk (bharian.com.my)


Kebiasaan seperti merokok dan memakan makanan manis dan hal lainnya akan terhenti karena kita berpuasa.

5.Memberi ketenangan batin

Memberi ketenangan batin (Pixabay)


Banyak ibadah yang dapat kita lakukan di bulan Ramadan yang jarang kita lakukan saat dihari biasa seperti berbagi takjil dan Tadarus Al Quran.

6.Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung (unsplash)


Menurut hasil penelitian, menjalani puasa selama 8 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida darah sebesar 25 persen hingga 32 persen.

Hasil studi lain menunjukkan bahwa puasa efektif menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes sebagai pemicu sakit jantung.

Itulah rincian singkat tentang manfaat berpuasa, sangat baguskan? semoga kita semua dapat menjalankan puasa yang hanya tinggal hitungan hari saja. (Nad/Rpy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.