Menu Lebaran yang Tak Pernah Ketinggalan dari Tahun ke Tahun

Lentera Uniska, Banjarmasin – Idul Fitri tak lepas dari yang namanya makanan. Tak jarang setiap lebaran dari tahun ke tahun makanan berikut ini menjadi menu andalan.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki berbagai kuliner yang menggugah selera yang menjadi khas setiap daerahnya.

Berikut ini beberapa menu yang tak boleh dilewatkan saat lebaran

  1. Ketupat
Foto: cookpad/normadya

Ketupat dibungkus dari daun kelapa muda atau kadang-kadang dari daun palma yang lain. Kemudian biasanya makanan ini diisi dengan beras lalu direbus hingga padat dan matang.

Biasanya, ketupat disantap bersama hidangan khas lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi

2. Opor Ayam


Foto: shutterstock/AMALLIA EKA

Makanan khas kali ini merupakan makan sejenis kari dengan kuah santan yang bisanya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Opor ayam cocok disantap dengan ketupat atau nasi.

3. Soto Banjar

Foto: masakapahariini

Soto Banjar juga biasanya dijadikan makanan khas lebaran oleh masyarakat khususnya Kalimantan Selatan. Umumnya, soto Banjar terdiri dari bihun, telur rebus, ayam kampung. Untuk menambah cita rasanya bisa diberi taburan bawang goreng serta perasa jeruk nipis.

4. Rendang Daging

Foto: istock

Seperti namanya, bahan utama dari hidangan ini adalah daging sapi yang campurkan dengan rempah rempah khas beserta santan yang gurih.

5. Lontong Sayur

Foto: shutterstock

Masakan lontong sayur sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau yang identik dengan kuah santan dan bumbu khas masakan

6. Sayur Lodeh

Foto: shutterstock

Merupakan masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sayur lodeh juga mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih, ada juga santan yang berwarna kuning kemerahan.

Selain menu makanan berat di atas, cemilan juga tak pernah ketinggalan seperti nastar, putri salju, kastengel, semprit, lidah kucing, kue bawang, akar kelapa, kue tambang, kacang molen dan masih banyak lagi yang bisa kalian temukan dirumah kerabat. (Nad/Rpy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.