Pentingnya Digital Marketing dalam Membangun Usaha

Foto : dhadigital.com

Lentera Uniska, Banjarmasin – Di zaman yang semakin canggih ini semua dapat dilakukan secara daring termasuk dalam merencang strategi promosi.

Digital marketing menjadi salah satu strategi yang banyak kita jumpai di beberapa webinar.

Mengutip dari onlinelearning.binus, Digital Marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital.

Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Para pebisnis dan pengusaha sudah mulai menerapkan strategi ini untuk kelangsungan usaha mereka. Dengan memanfaatkan berbagai platform sosial seperti Instagram, Facebook, shopee, Blog, Whatsapp dan lain sebagainya untuk meningkatkan pemasaran mereka.

Lantas mengapa digital marketing itu sangat mempengaruhi penjualan? Simak berikut keuntungannya :

  1. Digital Marketing dapat memberikan arah yang pasti untuk perusahaan
  2. Memperluas pangsa pasar
  3. Digital Marketing lebih hemat anggaran
  4. Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis

Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.

Lantas jika kamu baru saja memulai usaha, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan?

  1. Tentukan target pasar dan produk
    Memilih target pasar atau konsumen itu penting. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, baru pelajari apakah produk yang akan kamu buat bisa menjadi solusi untuk mereka. Agar daya jual meningkat.
  2. Memilih produk yang menjadi solusi
    Kamu perlu memikirkan apakah produk kamu adalah yang terbaik dan menjadi solusi? Jadi, pastikan bahwa produk yang akan kamu perkenalkan bisa menjawab permasalahan para calon konsumen.
  3. Membangun website
    Buat website segera setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs itu tetap bukan milikmu sendiri. Jadi, sebaiknya bangun website milikmu sendiri.
  4. Membangun media sosial
    Website beres, sekarang saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Kamu bisa memilih dua di antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih yang menurutmu tepat dengan target pasar.
  5. Gunakan SEO, SEM, dan Ads
    Jangan lupa terapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO dipakai agar bisnismu tampil di laman pertama Google. SEM adalah layanan berbayar supaya bisnis kamu cepat dikenal. Ads juga punya fungsi sama seperti SEM.

Dengan adanya perkembangan ini, kita bisa melihat bahwa menciptakan dan menerapkan digital marketing untuk bisnis sama saja seperti mendukung transformasi digital serta pertumbuhan usaha yang kita miliki.

Mengutip dari Jack Ma pendiri Alibaba, “Jika kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar”. (Wtp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.