LKBN Antara Beri Tips Pengolahan Berita Layak Tayang

Pelatihan Jurnalistik oleh LKBN Antara Biro Kalsel di Hotel 88 Banjarmasin, Senin dan Selasa 21 Juni 2022

Lentera Uniska, Banjarmasin – Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar Pelatihan Jurnalistik mahasiswa se-Kalsel bersama PT. Adaro Indonesia di Hotel 88, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Pelatihan Jurnalistik ini digelar dua hari yakni Senin dan Selasa 20-21 Juni 2022. Diikuti oleh 20 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Banjarmasin.

Pelatihan ini diundang langsung oleh Media Antara Biro Kalsel ke beberapa kampus yang ada di Banjarmasin dengan meminta perwakilan empat orang mahasiswa.

Materi yang disampaikan sendiri ada tiga, pengolahan berita tulisan, foto dan video jurnalis yang berkualitas dan penuh nilai sebagai bekal peningkatan kompetensi jurnalis.

Dalam pelatihan ini diberikan tips bahwa berita yang layak tayang harus informatif, memotivasi, mencerdaskan aktual, luar biasa, penting, menarik dan menyangkut kehidupan masyarakat.

Setelah itu, peserta juga diminta langsung dipraktekan ke lapangan.

Terlepas dari itu, untuk berita video disampaikan Franky Nayoan pemateri video jurnalis, pentingnya pengambilan gambar yang tepat, kestabilan, terlebih bisa meminimalisir ditahapan editing pasca peliputan video.

“Karena video jurnalistik sangat terpakai secara dan bisa diterapkan kepada mahasiswa dalam proses belajarnya,” terangnya.

Franky yang juga Jurnalis INews TV ini berharap, mahasiswa punya sedikit softskill dalam jurnalistik seperti cara menulis berita yang baik, mengambil foto dan video yang sesuai kode etik jurnalistik. (Tol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.