Meski Dinilai Minim Peserta Pada Beberapa Bidang, KNMIPA Uniska Berhasil Dapatkan 12 Pemenang dari 4 Bidang

Pelaksanaan seleksi tingkat Universitas KNMIPA Uniska, foto : @kemahasiswaan_uniska

Lentera Uniska, Banjarmasin — 90 Peserta dari beberapa fakultas di Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB) mengikuti seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan IPA (KNMIPA) tahun 2022.

Bidang dilombakan yakni Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika. Dengan waktu pelaksanaan di mulai dari 21 Mei – 30 Juni untuk pendaftaran, 1-9 Juli seleksi dan 10-12 Juli pengumuman.

Terkait seleksi, Muhammad Suprapto Ketua Pelaksana mengatakan, tujuan KNMIPA adalah untuk pencarian bibit-bibit unggul mahasiswa Uniska.

“Tujuannya meningkatkan kualitas dari mahasiswa Uniska agar dapat bersaingan dengan universitas lainnya,” jelasnya, Jumat (08/07) melalui pesan singkat WhatsApp.

Selain itu juga, untuk meningkatkan promosi kompetisi ini, pihak kampus bekerjasama dengan WD III tiap fakultas untuk penyebaran brosur.

Peraih juara dalam KNMIPA 2022 bisa dilihat pada foto dibawah ini.

Foto : @kemahasiswaan_uniska

M Syahriza Finata, Juara 1 bidang Kimia, mengatakan tak mudah mendapat juara ini. Ia mengungkapkan harus membaca ulang buku-buku waktu SMA.

“Juga mempelajari soal KNMIPA tahun sebelumnya,” ungkap mahasiswa semester 6 ini.

Namun Riza menyayangkan, meski sudah ada promosi setiap fakultas, peserta yang mengikuti KNMIPA terbilang minim.

Selaras dengan Riza, Juara 1 Bidang Matematika, Riska Faharunnisa juga menyebutkan masalah serupa, bahwa awalnya hanya ada tiga orang yang minat untuk mengikuti.

“Hingga sampai hari H ada empat orang yang mendaftar,”

Riska berharap Ia mampu bertahan sampai ketahap wilayah hingga nasional dan bisa mengharumkan nama kampus Uniska.

Setelah ini, peserta akan bersaing di tingkat wilayah. Lalu berlanjut jika menang ke tingkat Nasional yang dilaksanakan pada 23-24 Juli mendatang secara daring. (Gba/Znb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.