Tingkatkan SDM Pelajar di Perfilman, SMK 3 Banjarmasin Buat Festival Karya Pelajar

Lentera Uniska, Banjarmasin – Festival Karya Pelajar (FKP) oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Banjarmasin jurusan Broadcasting, yang menampilkan film-film lokal karya para pelajar Kalimantan Selatan (Kalsel) Sabtu (13/8).

FKP ini menampilkan karya film lokal buatan pelajar yang bertujuan untuk beri kesan positif kepada pembuat film lokal agar dapat berkembang dan bersaing dikancah nasional hingga internasional.

Setidaknya, ada 20 film karya pelajar yang ditampilkan sekaligus dilombakan.

M Zia UI Haq sebagai Ketua Pelaksana mengatakan, ada enam peserta dari beberapa sekolah SMK di Kalsel.

“SMKN 3 Banjarmasin dua orang, SMKN 2 Banjarmasin dua orang, SMKN 2 Simpang empat satu orang dan SMKN Telkom Banjarbaru satu orang,” tuturnya.

Terkait penilaian sendiri ada dua kategori. Pertama bintang pelajar yang mengutamakan naratif. Kedua, bulan sabit yang berfokus dalam visual seperti cinematography hingga pengeditan.

Pemenangnya adalah Muhammad Nur Fikri dengan judul film ‘Timpang’ dari SMK 2 Banjarmasin. Kemudian ‘Bedu’ dari Muhammad Ziqri SMK 2 Banjarmasin kategori bulan sabit dan dari SMK 3 Banjarmasin ‘Pakai Ja’ nominasi bintang pelajar oleh Akhmad Riyadi.

Kekuatan dan kecocokan cerita yang ingin disampaikan adalah nilai lebih dari karya-karya di FKP ini.

“Salah satunya, ‘Bedu’ karya Zikri. Film ini punya cinematography, warna, dan editing yang cocok. Membuat film ini punya cerita menarik dengan visual yang indah, “ ungkap Achmad Randy Al Mugni Fauzi, Juri FKP.

Muhammad Ziqri sosok dibalik film ‘Bedu’ menjelaskan sinopsis singkat karyanya yang bercerita tentang seorang anak yatim bersama ayahnya yang kasar.

“Setelah kepergian ibunya, Bedu hanya tinggal berdua dengan ayahnya yang bekerja sebagai tukang servis alat elektronik, abah (ayah) Bedu memiliki sifat pemarah yang membuat hubungan
Bedu dan ayahnya menjadi renggang,” jelasnya, Minggu (14/7). (Tma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.