Catatan Dua Tahun Terakhir Pilpresma Berbasis Daring Secuil Pemilih, KPU Komitmen Gencarkan Sosialisasi

Ilustrasi Pemilu Raya Uniska 2023

LENTERAUNISKA, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAB berkomitmen akan menggencarkan sosialisasi dan menghimbau mahasiswa untuk menggunakan hak suaranya di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2023.

Dalam Pilpresma 2023 kali ini, KPU Uniska menetapkan sistem Pilpresma berbasis dalam jaringan (daring). Pilpresma akan berlangsung pada 14 Maret 2023 mendatang.

“Kami memutuskan online, dilihat dari mahasiswa di kampus tidak seluruh mahasiswa ada, kasian yang di Banjarbaru pun mesti ke sini,” kata Ketua KPU Uniska M Mahdad, pada Selasa (21/2).

Pada dua tahun terakhir yakni pada Pilpresma tahun 2021 dan 2022 juga menerapkan pemilihan secara daring. Bukan tanpa alasan, pesta demokrasi mahasiswa pada tahun lalu digelar masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Berkaca pada Pilpresma dua tahun lalu, partisipasi mahasiswa dalam menggunakan hak suaranya di Pilpresma masih minim.

Hal itu dibuktikan pada Pilpresma 2021, data hasil perhitungan surat suara KPU yang masuk di portal Sia Uniska mencatat dari 20.623 mahasiswa hanya 5.398 mahasiswa yang menggunakan hak suaranya. Sedangkan 15.225 mahasiswa lainnya memilih golput atau tidak memberikan suara.

Kemudian pada Pilpresma 2022, dari 18.197 mahasiswa hanya 4.281 yang memilih. Mahasiswa yang tidak memberikan suara atau tidak memilih satupun calon pemimpin berjumlah 13.916 mahasiswa.

Beranjak dari itu, KPU akan giat mengajak mahasiswa untuk menggunakan hak suaranya. Hal tersebut bertujuan agar meningkatnya keikutsertaan mahasiswa dalam menyukseskan pesta demokrasi mahasiswa nanti.

“Harus lebih aktif lagi dalam membagikan atau mengajak untuk tidak golput, seperti selalu mengingatkan memilih apa yang mereka ingin pilih,” harap Mahdad. (Kapama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *