Eksistensi Ormawa Menurun, HMPS FKIP ULM Bahas Lewat Seminar

Abdul Khair saat memberikan materi pada seminar (6/5)

LENTERAUNISKA.ID, BANJARMASIN – Akhir-akhir ini, eksistensi memudarnya organisasi mahasiswa (ormawa) ramai dibicarakan, salah satunya pada Aruh ke-XIV Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HMPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sabtu (6/5).

Dalam seminar Kemahasiswaan Pendidikan Sosiologi itu, Abdul Khair, Staf Ahli Muda Walikota Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga narasumber, menilai organisasi masih relevan hingga kini.

“Mau tidak mau organisasi akan menjadi wadah mahasiswa dan pemuda untuk bertumbuh dan berkembang,” ujar Khair.

Hanya saja, kata dia yang menjadi catatan apakah di pribadi tersebut bisa mengembangkan dirinya maupun organisasinya.

“Apakah organisasi bisa memberikan dampak dan benefit,” tuturnya.

Hal itu, sejalan dengan tema seminar ‘Masih Relevankah Organisasi dengan Kebutuhan Mahasiswa Masa Kini?’ yang juga dibahas bersama eks Presma ULM periode 2022, Rudy Adiguna.

Senada dengan Khair, eks Presma ULM ini menganggap kemampuan sumber daya manusia (SDM) menjadi tolak ukur, terutama kemampuan untuk mengikuti perkembangan jaman.

“Cara mereka berfikir dan berperoses. Itu yang membuat jadi tidak relevan dan bahkan bisa sangat relevan apabila mereka mampu membahas isu aktual dengan cara kekinian dan sebagainya,” kata alumni Psikologi ini.

Berdasarkan pengamatan Abdul Khair, faktor peminatan terhadap organisasi sendiri bisa tersiangi karena adanya opsi lain seperti program pemerintah yang benefitnya lebih nyata.

Literasi juga menjadi bagian penting yang disebut Rudy, itu yang jadi pendukung pemikiran seorang individu.

“Literasi yang sempit sehingga merespon isu-isu yang mungkin bisa diselesaikan oleh segelintir orang saja,” terang Rudy.

Selain seminar, Ketua Pelaksana M Diva Almadani mengatakan asalan diusungnya tema tersebut tak jauh dari organisasi internal maupun eksternal yang kerap diselimuti berbagai macam kendala.

“Banyak orang yang menanyakan apakah organisasi itu masih sejalan dengan kebutuhan mahasiswa masa kini,” pungkasnya.

Dies Natalis ini juga diisi bermacam kegiatan, diantaranya lomba futsal dan E-Sport Mobile Legends, donor darah dan duta prodi sosiologi, Terakhir, tebak wawasan sosiologi hingga standup comedy.

Sebagai informasi, Aruh HMPS FKIP ULM rutin setiap tahun dilaksanakan dengan berbagai macam lomba menarik yang bisa diikuti. (Tunis/Ceber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *