Page 14 - MAJALAH 8 LPM Lentera
P. 14
RELIGI
mengarahka, mendidik dan mencapai tujuan pendi- sadar oleh pendidik terha-
men gajarkan anak-anakn- dikan yang diinginkan. Ber- dap perkembangan jasma-
ya. Orangtua harus mampu dasarkan hal ini orangtua ni dan rohani anak didik
menerapkan pendidikan sebagai orang pertama menuju terbentuknya
yang bisa mempunyai prin- yang memberikan pendi- kepribadian yang utama.
sip untuk menjalankan dikan kepada anaknya Pola asuh merupakan
hidupnya dengan positif, harus memiliki sikap keha- pola interaksi antara
menjalankan ajaran islam ti-hatian dalam menentu- orangtua dan anak, yaitu
dengan benar .3 Hal ini ber- kan metode, sebab jika bagaimana cara sikap atau
tujuan menciptakan anak salah dalam mengambil perilaku orangtua saat ber-
anak yang memiliki akhlaul suatu metode, tujuan pen- interaksi dengan anak, ter-
kharimah, dan menunjuk- didikan tidak akan tercapai masuk cara penerapan
kan kepada mereka hal hal bahkan akan membawa aturan, mengajarkan nilai
yang bermanfaat. Konsep madharat terhadap anak. atau norma, memberikan
mendidik anak dalam islam Pola Asuh Orang Tua perhatian dan kasih sayang
sudah terhitung sejak anak Setiap orangtua pasti serta menunjukkan sikap
dalam kandungan. menginginkan anaknya dan perilaku baik sehingga
Orangtua harus memulai menjadi orang yang dijadikan panutan bagi
mengasuh perkembangan berkepribadian baik, sikap anaknya. Jadi pola asuh
anak dengan makan yang mental yang sehat serta merupakan kebiasaan
baik halal, menciptakan akhlak yang terpuji. orangtua membimbing
lingkungan fisik dan suasa- Orangtua sebagai pemben- anaknya dalam proses be-
na batin dalam rumah tuk pribadi yang pertama lajar sehari-hari dirumah.
tangga yang nyaman. dalam kehidupan anak, dan Dari definisi diatas
Menurut Jamal Abdu- harus menjadi teladan yang dapat ditarik suatu kesim-
rrahman dalam majalah baik bagi anak-anaknya. pulan bahwa pola asuh
Karimah, beliau juga Kepribadian orangtua, sikap orangtua adalah suatu kes-
menambahkan bahwa dan cara hidup merupakan eluruhan interaksi antara
mendidik anak dengan ber- unsur-unsur pendidikan orangtua dengan anak, di
sungguh sungguh dengan yang secara tidak langsung mana orangtua bermaksud
bertujuan surga, sedangkan akan masuk ke dalam prib- menstimulasi anaknya
menyepelekannya berarti adi anak yang sedang dengan mengubah tingkah
neraka.4 tumbuh. laku, pengetahuan serta
Metode Mendidik Anak Pola asuh terdiri dari nilai-nilai yang dianggap
Pada umumnya, dua kata yaitu pola dan paling tepat oleh orangtua,
orangtua lebih banyak asuh. Menurut Kamus Besar agar anak dapat mandiri,
mengenal dan memperda- Bahasa Indonesia, pola be- tumbuh dan berkembang.
lam tentang konsep mendi- rarti corak, model, sistem, Terdapat 4 peran orang tua
dik anak dalam versi Barat, cara kerja, bentuk (struktur) selama masa pembelajaran online di
masa pandemi:
sehingga mereka men- yang tetap. Sedangkan kata
1. Sebagai guru di rumah. Orang tua
ganggap konsep barat-lah asuh dapat berati menjaga membimbing anak, mengawasi
yang lebih baik dan lebih (merawat dan mendidik) selama anak belajar online
utama. Padahal, Islam anak kecil, membimbing 2. Sebagai fasilitator. Orang tua
sendiri telah mengede- (membantu, melatih dan memberikan sarana dan prasarana
yang dibutuhkan anak selama proses
pankan pengembangan sebagainya), dan memi-
pembelajaran di masa pandemi di
potensi-potensi anak mpin (mengepalai dan rumah.
melalui cara-cara yang menyelenggarakan) satu 3. Sebagai motivator. Orang tua harus
digunakan dalam proses badan atau lembaga. mampu memberikan motivasi
pendidikan. Dalam proses Menurut Ahmad Tafsir kepada anak untuk bersemangat
mengikuti proses pembelajaran
mendidik anak dalam pan- seperti yang dikutip oleh
online.
dangan Islam, metode Danny I. Yatim-Irwanto pola 4. Sebagai director. Orang tua men-
mempunyai peranan yang asuh berarti pendidikan, jalankan peran untuk mengarahkan
penting yang berfungsi sedangkan pendidikan anak supaya mau mengikuti proses
adalah bimbingan secara pembelajaran online.
Lentera Uniska 2021 | PAGE 12