Minta Kasus Pelanggaran HAM Lawas Dituntaskan, BEM Uniska Gelar Aksi Kamisan

Lentera Uniska, Banjarmasin – Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAB menggelar Aksi Kamisan di samping Jembatan Merdeka di Jalan Jendral Sudirman Banjarmasin, Kamis (25/03) sore.

Koordinator Lapangan Aksi, Rizky Nugroho Fitrianto, mengatakan aksi kamisan merupakan bentuk kepedulian atau solidaritas mahasiswa terhadap para korban pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Menurutnya, aksi kamisan ini merupakan yang pertama dilakukan di Banjarmasin. Meski beberapa daerah lain sudah menggelar aksi serupa.

“Untuk mahasiswa Banjarmasin sendiri menyambut dengan baik akan hal ini, khususnya untuk kampus kita sendiri kampus Uniska,” ujarnya.

Ia menegaskan tujuan aksi ini untuk mengedukasi masyarakat agar dapat meningkatkan simpati serta empati dan juga kepedulian terhadap HAM itu sendiri.

Massa yang mengenakan kostum hitam-hitam tampak berorasi sembari menentengkan beberapa tulisan sindiran. Mereka menuntut pemerintah agar mengusut tuntas kasus-kasus pelanggaran HAM yang pernah tuntas.

Dari aksi ini, Wakil Presiden Mahasiswa Uniska MAB tersebut juga mengharapkan agar kiranya negara lebih peduli terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM yang belum terselesaikan.

“Kita menuntut pemerintah untuk segera menyelesaikan atau paling tidak mengusut kasus-kasus HAM,” desaknya. (Lbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.