Bagi Penderita Maag yang Berpuasa, Simak Hal Berikut

Sumber Foto: halodoc.com

Lentera Uniska, Banjarmasin – Jika tidak dilakukan dengan benar, berpuasa bisa menjadi hal yang cukup menyulitkan bagi pengidap penyakit maag.

Pasalnya, puasa menyebabkan pola makan berubah, baik dari segi waktu, jumlah, maupun jenis makanan yang dikonsumsi.

Pada beberapa kondisi, perubahan-perubahan tersebut bisa menjadi seseorang mengalami peningkatan asam lambung, serta peradangan pada lambung yang berujung pada maag.

Dosen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAB, Ari Widyarni menyarankan agar tetap menjaga pola makan. Misalnya, mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu saat berbuka.

Ari mengatakan, orang yang punya riwayat penyakit maag tak ada salahnya ikut berpuasa. Bahkan, menurutnya saat berpuasa itu akan menjadikan seseorang tambah sehat.

“Orang maag boleh puasa, karena memang anjuran puasa itu bisa menambah kesehatan juga, hanya saja dijaga pola makan,” jelasnya, Rabu (28/04).

Selain itu, dia bilang, bagi penderita maag untuk menghindari mengonsumsi makanan pedas. Sebab, hal tersebut dapat memicu naiknya asam lambung.

“Kalau ada riwayat sakit maag kronis ya diimbangi dengan minum obat mual dulu, agar puasanya tidak terganggu,” imbau Ari. (Ptm/Lbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.