Jumlah Pendaftar Calon Mahasiswa Baru Uniska Diklaim Menurun

Lentera Uniska, Banjarmasin – Pandemi Covid-19 yang sudah masuk di tahun kedua rupanya berdampak terhadap jumlah pendaftar calon mahasiswa baru di Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAB).

Rektor Uniska MAB, Abdul Malik, menyebut adanya penurunan jumlah pendaftar pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2021/2022 di kampus hijau.

Rektor mengungkapkan jumlah pendaftar pada gelombang pertama yang ditutup sejak 26 Juli lalu hanya mencapai sekitar 2.300 peserta. Sedangkan yang melakukan pendaftaran ulang ada sekitar 2.000 mahasiswa.

Pun demikian dengan gelombang kedua. Dibanding sebelum pandemi, Malik menyebut jumlah peserta yang ikut tes gelombang kedua sampai menyentuh angka 3.000 orang.

Berbeda dengan tahun ini, total peserta mengikuti tes gelombang kedua hanya masuk 2.431 orang.

Malik menilai kondisi ini terjadi akibat pandemi Covid-19 yang belum usai. “Kalau kita melihat trend mahasiswa yang masuk Uniska, kalo kita bandingkan sebelum covid memang ada sedikit penurunan,” ujarnya, Kamis (19/08).

Kendati jumlah pendaftar calon mahasiswa baru tahun ini diklaim menurun. Dari data, sejumlah fakultas rupanya masih menjadi primadona bagi calon mahasiswa baru.

Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum masih mendominasi pilihan yang diminati calon mahasiswa baru dalam memilih pendidikan di kampus hijau.

“Ya mudah-mudahan setelah tes ada pengumuman mereka juga cepat, karena September kita sudah mulai perkuliahan ya tanggal 13 lah sudah mulai,” tambah Malik. (Sbe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.